Fakta: Setiap Orang Punya Potensi Sakit Jantung

Hingga saat ini, kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung masih cukup tinggi. Bahkan, WHO atau Badan Kesehatan Dunia masih menempatkan penyakit jantung sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Sementara di MALAYSIA, penyakit jantung menjadi penyebab antara kematian tertinggi.
Tidak di nafikan penyakit yang cukup menyeramkan ini memang  menyebabkan kematian mendadak. Hal ini disebabkan oleh gejalanya yang seringkali tidak terlihat. "Setiap orang punya potensi untuk terkena penyakit kardiovaskular, yang memang berkembang seiring dengan bertambahnya usia seseorang, meskipun tingkat keparahan dan progesinya sangat tinggi.Ini akibat gejala awal penyakit jantung yang tidak terlihat," jelas Dr. Peter Ting, Senior Cardiologist Gleneagles Hospital and Mount Elizabeth Novena Hospital Singapore yang ditemui dalam sebuah diskusi kesehatan (26/11).
Penyakit kardiovaskular umumnya merupakan sebuah degenerasi dan disfungsi pembuluh darah yang disebabkan oleh pengerasan dan penyempitan pada pembuluh darah tersebut, yang seharusnya berfungsi menyalurkan darah untuk organ-organ vital pada tubuh, seperti hati, jantung dan otak. Dari hasil sebuah studi, terbukti bahwa 90 persen penyakit ini disebabkan oleh sembilan faktor risiko, yaitu tingkat kolesterol, kebiasaan merokok, diabetes, hipertensi, kegemukan di bagian perut (buncit), tingkat aktivitas fisik yang rendah, tingkat stres, nutrisi buruk dan kebiasaan mengonsumsi alkohol.
Kolesterol bisa dibilang menjadi salah satu penyebab terbesar penyakit jantung. Sebab, tingginya kolesterol jahat (LDL) akan mempercepat kerosakan pembuluh darah. Kolesterol tinggi ini biasanya diturunkan dari faktor genetika, sehingga sebagai salah satu langkah pencegahan pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan penelusuran riwayat penyakit keluarga. Jika faktor genetika memang ditemukan, maka seluruh anggota keluarga sebaiknya melakukan deteksi dini, bahkan bagi anggota keluarga yang berusia muda.
Langkah penting lainnya yang harus segera dilakukan sejak saat ini adalah mengubah gaya hidup Anda. Usahakan semua seperti mengalir sebagai kebiasaan sehingga Anda dan keluargapun tak merasa berat saat melakukannya. Misalnya, lakukan olahraga yang menyenangkan agar badan Anda tetap aktif bergerak, atau memasak makanan sehat favorit bersama keluarga.
JOM AMALKAN JUS PENAWAR ARFA DALAM DIET ANDA UNTUK MENCEGAH KOLESTROL JAHAT YANG MUNGKIN MENYEBABKAN SAKIT JANTUNG !! HUBUNGI 018-2705204

No comments:

Post a Comment